A. Sejarah
B. Konsep
C. Teknologi yg digunakan
D. Kelebihan dan Kekurangan
E. Keamanan/Security
F. Pemanfaatan dan Pengembangan di masa depan.
Lalu kali ini saya akan menjelaskan tentang social network Facebook. Mungkin semua orang mengenal facebook saat ini,dari kalangan anak-anak, remaja, sampai dewasa. Semua nya memiliki account facebook. Disini saya akan menjelaskan satu persatu tentang media tersebut, saya akan awali dari sejarah facebook sendiri dan seterus nya.
A. SEJARAH
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
PHOTO MARK ZUCKERBERG
Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar IDpribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklovoss, Tyler Winklovos, dan Divya Narenda, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernamaHarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Sayerin (pebisnis), Dustin Morkoyitz (programer), Andrew Mccollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford,Colombia dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, New york, MIT dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinporkorosikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping Paypal, Peter Thiel Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
BAGAN TOTAL PENGGUNA AKTIF FACEBOOK
Total pengguna aktif (juta) | |||
Tanggal | Pengguna | Hari | Pertumbuhan bulanan |
Agustus 26 2008 | 100 | 1.665 | 178.38% |
April 8 2009 | 200 | 225 | 13.33% |
September 15 2009 | 300 | 150 | 10% |
Februari 05 2010 | 400 | 143 | 6.99% |
Juli 21 2010 | 500 | 166 | 4.52% |
Januari 05 2011 | 600 | 168 | 3.57% |
— | 700 | 427 (berlangsung) | — |
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamt surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Facebook juga menjadi jejaring sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.
B. KONSEP
Konsep Facebook itu sendiri, hampir sama dengan Friendster yaitu menggunakan pesan,ada wall to wall,ada nya chat box dan memiliki security yang lumayan hebat,seperti ada pemberitahuan masuk, perangkat yang dikenali,dan masih banyak lagi.
C. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN
Faktanya teknologi yang digunakan Facebook ‘hanyalah’ situs LAMP (Linux-Apache-MySQL-PHP), namun telah memperluas operasinya dan memasukkan banyak unsur-unsur lainnya dan memodifikasinya.
Sebagai contoh :
- Facebook menggunakan PHP, tetapi mereka membangun compiler sendiri sehingga kode PHP di konvert menjadi kode native (C++) pada server, sehingga meningkatkan kinerja.
- Facebook menggunakan Linux, tetapi telah dioptimalkan untuk keperluan mereka sendiri.
- Facebook menggunakan MySQL, mengoptimalkan database design, moving join, memchahce adalah bebrapa hal untuk mengoptimalkan database facebook.
D. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Memang tak dapat dipungkiri facebook memberikan kelebihan seperti :
- kita dapat mencari info tentang teman lama kita melalui facebook
- kita bisa bersosialisasi dengan orang banyak tanpa perlu bertemu
- kita jadi mempunyai banyak teman, tidak hanya di kehidupan sehari-hari tetapi di dunia maya juga
- kita juga bisa mendapat informasi tentang banyak hal dari facebook
- dapat membuat kita dikenal tidak hanya di negara kita berada tapi sampai ke manca negara
Dibalik Kelebihan Facebook,pastilah ada kekurangan Facebook,yaitu :
- · Karena facebook merupakan jejaring sosial yang cukup luas, jadi siapapun bisa mempunyai akun lebih dari satu dan banyak pula hacker yang jail dengan membajak akun – akun yang keamanannya kurang.
- · Kurangnya filterisasi, jadi gambar atau video apapun bisa di unggah atau unduh sesuka pengguna facebook itu sendiri.
E. KEAMANAN/SECURITY
Saya rasa keamanan facebook cukup terjamin. Contohnya ada Sistem Pengamanan Perangkat keamanan ini adalah dengan memasukkan perangkat pribadi (phone cell, PC, Laptop) yang diperbolehkan untuk melakukan login ke account Facebook. Jadi user yang bisa login ke accountnya hanya melalui perangkat-perangkat yang telah didaftarkannya. Jika ada orang lain atau sang user mencoba melakukan login dengan menggunakan perangkat lain yang tidak terdaftar maka Facebook akan mengirimkan pesan melalui email, sehingga user dapat melakukan pencegahan secara lanjut.
Untuk menggunakannya, user Facebook harus mengaktifkan fasiliatas keamanan ini melalui Account Security yang berada di dalam Account Setting. Kemudian anda mendaftarkan perangkat-perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk mengakses Account anda.
Bagi user yang ingin melakukan login dengan perangkat yang belum diaftarkan maka user tersebut harus menjawab beberapa pertanyaan.
Pemberitahuan Masuk berfungsi memberitahukan pengguna bila akun Facebooknya diakses dari komputer atau perangkat yang belum terdaftar sebelumnya. Ada 2 metode pemberitahuan yang bisa dipilih pengguna, yaitu melalui email dan melalui Layanan Pesan Singkat (SMS – Short Message Service).
Persetujuan Masuk Facebok adalah fitur yang akan mengirimkan kode keamanan tertentu ke ponsel pengguna bila ada perangkat atau komputer yang tidak dikenal mencoba mengakses Facebooknya. Kode ini harus dimasukan bila pengguna ingin berselancar di Facebook di komputer atau perangkat yang belum dikenali tersebut.
Perangkat yang Dikenali merupakan daftar komputer dan perangkat lainnya (seperti: smartphone, PDA, dan Tablet) yang telah terdaftar untuk mengakses Facebook pengguna. Dll.
F. PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN DIMASA DEPAN
Pemanfaatan dan pengembangan dimasa depan oleh facebook yaitu facebook sebaiknya digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat lagi, karena pada dasarnya Facebook itu sebuah jejaring social yang memungkinkan kita dapat berkenalan dengan siapa saja secara tidak langsung atau Cuma di dunia maya dan juga bisa digunakan untuk mencari teman yang punya account Facebook juga. Sebaik nya kita jangan memanipulasikan akun-akun Facebook kita dengan hal-hal yang berbau negative dan hanya untuk mencari sensasi saja, padahal dari Facebook kita bisa menjelajahi dunia luar, bahkan bisa punya teman yang belum kita kenal sebelumnya, atau kita juga bisa gunakan Facebook kita untuk perkenalkan bisnis kita kepada teman Facebook kita.
NAMA : MUHAMMAD FAHRI
NPM : 54410679
KELAS : 2IA14
SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
0 komentar:
Posting Komentar